KLASIFIKASI TINDAKAN FRAUD

23 Jan 2019

KLASIFIKASI TINDAKAN FRAUD

Kecurangan (fraud) merupakan tindakan penipuan atau kekeliruan yang dilakukan oleh seseorang atau badan yang mengetahui bahwa kekeliruan tersebut dapat mengakibatkan beberapa manfaat yang tidak baik kepada individu atau entitas atau pihak lain. Adapun, fraud dapat diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu :

Klasifikasi Fraud

Employee Fraud

employee fraud adalah jenis fraud yang sering terjadi, dimana fraud dilakukan oleh bawahan kepada atasan. tindakan fraud dilakukan bawahan dengan melakukan kecurangan pada atasannya secara langsung maupun tidak langsung, olehkarenanya dikatakan sebagai employee fraud.

Management fraud

fraud yang dilakukan oleh manajemen perusahaan kepada pemegang saham, kreditor dan pihak lain sebagai pengguna laporan keuangan. tindakan fraud dilakukan manajemen puncak dengan cara menyediakan penyajian yang keliru, biasanya pada informasi keuangan.

Vendor fraud

Istilah vendor tentu tidak asing dalam dunia bisnis corporate. tindakan fraud pada vendor merupakan tindakan fraud yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perorangan yang menjual barang atau jasa kepada organisasi atau perusahaan yang juga menjual barang atau jasa. tindakan fraud ini dilakukan organisasi dengan memasang harga terlalu tinggi untuk barang dan jasa atau tidak adanya pengiriman barang meskipun pembayaran telah dilakukan.

Customer fraud

Merupakan jenis fraud yang dilakukan oleh pelanggan kepada organisasi atau perusahaan yang menjual barang atau jasa. tindakan fraud dilakukan pelanggan melalui cara membohongi penjual dengan mengatakan barang yang diberikan kepada pelanggan tersebut tidak seharusnya atau menuduh penjual memberikan lebih sedikit dari yang sebenarnya.

ET-Asia sebagai provider kursus yang akan menjadi mitra anda dalam pengembangan sumberdaya manusia yang saudara miliki, kami mengadakan Workshop Fraud System in Coorporate yang akan membantu sumber daya manusia di perusahaan anda untuk memahami secara komprehensif system fraud didalam perusahaan. Untuk lebih jelasnya bisa klik DISINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *