Mengenal Istilah Fraud

17 Jan 2019

MENGENAL ISTILAH FRAUD

Pembahasan mengenai fraud adalah hal yang sangat menarik, mengingat segala kegiatan bisnis akan selalu berkenalan dengan yang namanya ‘fraud’. Secara teoritis fraud menurut Alridge dan Parry adalah tindakan yang tidak jujur dengan tujuan untuk menipu pihak lain untuk keuntungan pelaku yang merugikan pihak yang menjadi korban. Menurut Association of Certified Fraud Examiners (ACFE), kecurangan (fraud) merupakan tindakan penipuan atau kekeliruan yang dilakukan oleh seseorang atau badan yang mengetahui bahwa kekeliruan tersebut dapat mengakibatkan beberapa manfaat yang tidak baik kepada individu atau entitas atau pihak lain (ACFE, 2003). Merujuk pada definisi tersebut maka secara umum kecurangan merupakan suatu perbuatan melawan hukum yang dilakukan orang-orang baik dari daam atau uar organisasi yang dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan pribadi atau kelompoknya yang dapat merugikan pihak lainnya. Tindakan tersebut dilakukan dengan kesengajaan baik secara spontan maupun direncanakan. Dapat dikatakan bahwa fraud  mencakupi berbagai tindak illegal yang disengaja, berupa tindakan yang menguntungkan ataupun merugikan organisasi.

Fraud in Corporate

Tindakan fraud memang beranekaragam, akan tetapi yang paling menarik adalah fraud dalam perusahaan. Tindakan fraud yang dilakukan oleh perusahaan atau yang dikenal dengan fraud in coorporate merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak internal perusahaan yang melaukan tindakan melanggar aturan, tipu muslihat dana tau kecurangan untuk mendapatkan keuntungan yang secara langsung maupun tidak langsung akan merugikan pihak lain.

Kenyataannya fraud in corporate dapat merugikan keuangan perusahaan maupun keuangan negara. Pelaku fraud biasanya dilakukan oknum pimpinan dan pegawai yang bekerja pada suatu organisasi atau perusahaan tempat dia bekerja, dan bahkan pelakunya ada dari orang yang tugas fungsinya mengoperasikan sistem operasi instansi/perusahaan dan juga menjalankan sistem pengendalian intern. Tindakan fraud terutama didalam perusahaan memang sesuatu yang bisa sulit untuk dihindari akan tetapi bukan berarti tidak bisa untuk di cegah maupun di buktikan serta di tindak, olehkarenanya dibutuhkan suatu pemahaman komprehensif terkait fraud untuk mencegah dan menindak para pelaku fraud didalam perusahaan.

ET-Asia sebagai provider kursus yang akan menjadi mitra anda dalam pengembangan sumberdaya manusia yang saudara miliki, kami mengadakan Workshop Fraud System in Coorporate yang akan membantu sumber daya manusia di perusahaan anda untuk memahami secara komprehensif system fraud didalam perusahaan. Untuk lebih jelasnya bisa klik DISINI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *